Menjadi Reseller: Tips ampuh Supaya lebih Sukses

Menjadi Reseller: Tips ampuh Supaya lebih Sukses

HD Film Kablosu – Menjadi reseller online jadi satu dari sekian banyak opsi berbisnis secara daring. Hanya saja tantangannya memang banyak dan bukan sekadar memberi janji muluk keuntungan besar.

Apa itu Reseller? 

Kesempatan menjadi reseller seakan tidak pernah terbatas. Mulai dari jualan makanan ringan hingga kosmetik, sampai menjual perlengkapan untuk hewan peliharaan, Anda bisa menjual apapun dalam skema reseller.

Tapi apa sih artinya menjadi reseller online? Seorang reseller adalah orang yang membeli produk dari orang lain dengan harga rendah, kemudian menjualnya kembali dengan harga tinggi, baik dengan cara online maupun offline.

Walau begitu tetap ada skema penjualan di mana Anda tidak perlu menyetok barang, namun tinggal memesannya ke pemilik produk ketika transaksi jual beli terjadi. Kalau dengan skema ini, Anda bertindak sebagai orang yang mengatur supaya transaksi jual-beli lancar.

Mengapa pilih reseller?

Menjadi reseller pada dasarnya menawarkan kesempatan dan lingkup bisnis yang tidak terbatas. Beberapa orang memilih fokus pada teknik menjual kembali (resale) dan menjadi sumber penghasilan utama mereka.

Sementara yang lain memilih jalan sebagai affiliate partner bagi satu atau beberapa merek yang memproduksi barang populer. Pendekatan terakhir ini biasanya dilakukan oleh perusahaan kecil.

Tips memulai bisnis reseller

  1. Pilih benda yang ingin dijual dan dimana mendapatkannya

Anda bisa meluangkan waktu berburu item atau produk yang mudah dijual, dan sedang ngetren. Mungkin sesekali Anda bisa mengunjungi pasar dekat rumah guna berburu pakaian bekas.

Atau, Anda juga bisa berburu produk-produk diskon lewat marketplace online atau membeli produk-produk grosir kecil-kecilan lewat Alibaba.

Dan bila Anda tidak ingin menghabiskan modal besar di awal, Anda bisa membongkar lemari pakaian dan mencari pakaian bekas yang bisa dijual kembali.

  1. Pilih kanal jualan

Kalau Anda ingin menjual produk atau aksesoris khusus wanita, pilih lah Shopee sebagai kanal di mana Anda akan menjual produk tersebut.

Anda juga bisa memanfaatkan kanal Instagram sebagai katalog online di mana orang bisa melihat barang dagangan Anda.

Atau, Anda juga bisa membangun website sendiri untuk menampung barang-barang yang ingin Anda jual kembali.

  1. Pilih item yang bisa terjual dengan baik

Terjual dengan baik di sini maksudnya adalah: item yang ingin Anda jual kemungkinan besar memberikan keuntungan yang lebih besar ketimbang item lainnya.

Di titik ini Anda juga bisa mulai melakukan riset guna memutuskan harga terbaik bagi produk Anda.

  1. Jual produk yang Anda ketahui dengan baik

Kalau Anda, misalnya, punya stok pengetahuan banyak tentang celana jeans, maka gunakanlah kemampuan itu untuk mengidentifikasi jeans terbaik dengan harga terbaik yang bisa Anda tawarkan ke calon pembeli.

Rekomendasi item untuk dijual kembali

Seperti sudah dikatakan di atas, bisnis reseller membuka kemungkinan seseorang untuk menjual produk apapun.

Namun tetap ada beberapa rekomendasi item yang bisa dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam daftar jualan:

  • Sepatu, baik untuk pria maupun wanita
  • Tas tangan wanita
  • Pakaian
  • Buku
  • Mainan
  • Furniture
  • Minuman atau makanan kesehatan
  • Barang-barang elektronik

Selain item-item di atas, pada dasarnya Anda bisa menjual apapun yang mau Anda jual. Tapi sekali lagi, sesekali Anda harus memperhatikan tren tertentu, sifat timeless suatu produk dan tingkat keuntungan serta harga.

Jeli memperhatikan faktor-faktor di atas akan menuntun Anda menemukan produk yang tepat di pasaran. Menjadi reseller itu gampang, cuma butuh ketekunan.

Leave a Reply