Ini dia Ide Bisnis Hewan Peliharaan untuk kamu Kembangkan

Ini dia Ide Bisnis Hewan Peliharaan untuk kamu Kembangkan

HD Film Kablosu – Kalau mau mencoba memulai bisnis yang tidak biasa, namun dengan pangsa pasar yang relatif stabil, bisnis hewan peliharaan bisa jadi pilihan asyik untuk dikembangkan.

Mengapa mengasyikkan? Sebab bisnis jenis ini sudah punya pangsa pasar tersendiri. Seorang penjual hewan peliharaan bisa mendapat pembeli yang loyal apabila ia benar-benar bisa menjual hewan yang bagus.

Nah, pada dasarnya bisnis menjual hewan peliharaan dibagi jadi beberapa tipe dan kategori.

Hewan peliharaan rumahan

Sesuai namanya, seseorang bisa saja membeli seekor hewan yang cocok dipelihara di rumah, entah itu untuk menemani pemilik rumah atau untuk membuat suasana rumah tambah semarak.

Di kategori ini ada beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan, termasuk di antaranya:

  • Ide bisnis jual ikan hias

Berjualan ikan hias biasanya bersifat musiman, namun prospeknya cukup menjanjikan, apalagi bila Anda kebetulan menjual ikan hias yang sedang hits di pasaran.

  • Ide bisnis jual kelinci

Bulunya yang halus serta telinganya yang panjang membuat kelinci diminati sebagian besar orang yang menginginkan hewan lucu dan menggemaskan.

Selain itu kelinci merupakan tipe hewan peliharaan rumahan yang relatif mudah dirawat.

  • Ide bisnis jual kucing persia

Kucing jenis ini harga jualnya lumayan mahal, dengan harga paling murah Rp 700-ribu. Mahal karena kucing jenis ini memang terlihat mewah dan eksklusif.

Induk kucing Persia yang asli biasanya memiliki registrasi tersendiri. Itu yang membuat kucing jenis ini masuk ke dalam jenis premium.

Hewan untuk diternakkan

Selain menjual hewan peliharaan untuk rumahan, ada opsi untuk berjualan hewan yang nantinya dipakai untuk keperluan peternakan.

Ada beberapa ide bisnis yang terkait dengan penjualan hewan peternakan:

  • Ide bisnis ternak burung

Pernah dengan burung perkutut seharga Rp 100 juta per ekor? Kalau belum, maka jenis satu ini jelas bisa dipilih sebagai komoditas yang dijual ke orang lain. Selain itu jenis perkutut mudah diternakkan, dan harganya tentu memang mahal.

Selain perkutut, ada juga burung jalak, ciblek, paruh bengkok, cucak ijo, lovebird, kacer, dan murai batu, merupakan jenis-jenis burung yang harga jualnya mahal.

  • Ide bisnis ayam ternak

Ayam yang diternakkan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Dagingnya bisa dijual untuk dijadikan bahan panganan. Sedangkan telurnya bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan industri dan rumahan.

Bisnis hewan peliharaan: tips untuk diperhatikan

Ada yang bilang kalau berbisnis hewan peliharaan tidak membutuhkan modal besar. Pernyataan ini bisa jadi benar, namun bisa jadi salah dan menyesatkan.

Kalau Anda menjual hewan yang premium (seperti kucing persia, misalnya) atau membangun peternakan ayam potong, maka Anda jelas membutuhkan modal besar.

Selain itu membangun bisnis penjualan hewan peliharaan jugs harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Fokuslah pada satu jenis hewan

Gunakan modal bisnis untuk fokus pada penjualan satu jenis hewan dulu. Andai seseorang sudah menguasai jalur distribusi, pembelian, serta jejaring penjualan satu jenis hewan, sebaiknya fokuskan bisnis di situ dulu.

  1. Perluas jejaring

Siapa pun tidak akan bisa sukses berbisnis bila tidak berusaha membangun jejaring (networking). Begitu pula bila seseorang memutuskan untuk terjun di bidang penjualan hewan.

  1. Perluas pengetahuan

Pengetahuan tentang bisnis, selain teknis hewan yang dijual, bisa diperoleh melalui saluran apapun, termasuk misalnya internet dan buku.

Jadi ketika menjalankan bisnis penjualan hewan, terus tingkatkan pengetahuan pribadi dengan segala hal yang berkaitan dengan bisnis hewan peliharaan, teknik menjual, marketing, maupun bagaimana memperlakukan hewan yang sedang kita rawat untuk kepentingan jualan.

Kalau berhasil melakukan itu semua, maka kemungkinan besar bisnis akan berjalan lancar.

Leave a Reply